Senin, 29 Maret 2010

bULAn dENgan rASi

Apakah kalian pernah bermimpi untuk menjelajahi luar angkasa??? Atau bahkan cita-cita Anda sama seperti saya?? Menjadi seorang astronot yang bisa bertualang keluar angkasa!!?? Wah itu merupakan sesuatu hal yang sungguh hebat dan luar biasa pastinya bila bisa menjadi astronot dan bisa menjelajah ke luar angkasa dan melihat betapa luasnya alam semesta kita ini. Saya berani menjamin pasti banyak orang yang pernah memimpikan hal tersebut, tentunya bukan saya seorang saja. Kini keinginan itu bukan hanya sekedar impian belaka yang jauh dari angan-angan. Semua itu bisa diwujudkan dengan sebuah program bernama “Stellarium”.

Dunia IT memang sangat luas dan sangat hebat. Program bernama “Stellarium” ini diciptakan untuk menggambarkan suasana di luar angkasa. Dengan Stellarium, kita bisa belajar banyak mengenai dunia astronomi dan mengetahui lokasi planet, galaksi, bintang, dan berbagai benda langit lainnya. Bagaikan memiliki sebuah planetarium pribadi, kita bisa berpetualang mengarungi luar angkasa dan menjelajah planet, serta mengarungi bintang-bintang. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, benda-benda langit seperti bulan, bintang, dan planet yang ada di Stellarium ini semuanya bergerak dan kita bisa mengamatinya secara mendetail.

Di Indonesia, program Stellarium ini biasanya dimanfaatkan untuk menetapkan penanggalan Hijriyah. Yang mana keakuratan dari “Stellarium” ini 90 % adalah sama dengan keakuratan di dunia nyata. Dimana posisi bulan tertutup oleh bumi. Berikut saya tampilkan posisi bulan dan matahari ketika bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1 Oktober 2008 lalu.

Posisi bulan dan matahari dalam 1 garis lurus

Bila kita zoom pada posisi bulan dan matahari maka posisi bulan akan menjadi gelap karena tertutup oleh bumi

2

Kekaguman saya tidak berhenti sampai disini. Di malam yang bertepatan dengan malam tahun baru ini saya asyik berkeliling luar angkasa bersama “Stellarium”. Saya akan bagikan petualangan luar angkasa saya kepada Anda semuanya… karena apa yang saya lihat di “Stellarium” ini kondisinya mirip dengan kondisi aslinya di dunia nyata.

Jika teman-teman perhatikan, malam tahun baru di tahun 2009 ini merupakan malam tahun baru yang indah karena posisi bulan yang tampak adalah bulan sabit yang merupakan bentuk bulan yang paling menarik. Jika teman-teman tidak sempat memperhatikan suasana langit di malam tahun baru dan hanya memperhatikan semaraknya pesta kembang api, maka teman-teman beruntung karena saya akan bagikan apa yang menjadi kekaguman saya di malam tahun baru ini.

Bulan sabit yang terlihat di malam hari

5

Kondisi bulan dengan rasi bintang Carpricorn dan Aquarius yang mengapitnya

6

Berikut adalah gambar siluet bintang beserta simbol yang menjadi gambaran aslinya.

7

8

Nah bagaimana??? Tertarik dengan petualangan di luar angkasa bersama saya??? Tenang teman-teman semua juga bisa kok keliling luar angkasa, karena software “Stellarium” ini adalah sebuah software open source sehingga teman-teman bisa menikmati luar angkasa tanpa harus mengeluarkan biaya.

1 komentar:

octha cemplon mengatakan...

ikyh, , ,
wow
agku rag bsa berkata2...
kerend bgt

Posting Komentar