Senin, 29 Maret 2010

bintAng rAksasa mEngkERut



















Sebuah bintang raksasa yang sangat terkenal dari rasi bintang Orion diberitakan telah mengkerut dalam 15 tahun terakhir dan hal ini belum dapat dijelaskan penyebabnya.

Betelgeuse, sebuah bintang merah super besar yang saat ini dianggap sedang memulai akhir hidupnya biasanya mereka akan membesar sampai 100 kali ukuran aslinya sampai kemudian meledak sebagai supernova atau runtuh membentuk lubah hitam tanpa ledakan.

Betelgeuse menjadi salah satu dari 10 obyek langit yang paling diminati para astronom. Pengukuran pada tahun 1993 menunjukkan bintang ini memiliki radius 5,5 juta unit astronomi (AU), dimana satu AU sama dengan jarak rata-rata bumi-matahari sejauh 93 juta mil atau 150 juta kilometer. Besarnya pengkerutan radius betelgeuse ini diperkirakan sejauh orbit planet Venus.

Charles Townes, Profesor Emeritus Fisika dari Berkeley mengatakan akan tetap memantau bintang ini beberapa tahun ke depan untuk memastikan apakah bintang ini tetap berkontraksi atau kembali membesar. Townes memenangkan hadiah Nobel pada tahun 1964 di bidang fisika dengan penemuan laser dan maser (microwave laser).

1 komentar:

Kusuma mengatakan...

wuih.....

Posting Komentar